Senin, 21 Maret 2011

PEMAHAMAN PROSES KOMPOSISI

PEMAHAMAN PROSES KOMPOSISI

Proses Komposisi adalah proses penyusunan pesan-pesan bisnis, yang meliputi tahapan-tahapan :

1. Perencanaan
-Maksud/tujuan komunikasi
-Audiens yang akan menerima pesan
-Ide pokok pesan-pesan yang akan digunakan
-Saluran atau media yang akan digunakan

2. Organisasi dan Komposisi
Mengorganisasikan ide-ide dan dituangkan dalam bentuk draft yang berkaitan dengan komitmen pemikiran yang dimulai dengan merangkai kata, kalimat, paragraf yang sederhana, mudah dipahami, dimengerti dan dilaksanakan oleh si penerima pesan serta memilih ilustrasu yang diperlukan untuk mendukung ide pokok bahasannya.

Organisasi dan komposisi erat kaitannya dengan penyusunan kata kalimat, dan paragraf perlu diperhatikan penggunaan kata, kalimat, dan paragraf yang sederhana, mudah dimengerti, dan dilaksanakan.

3. Revisi
Proses perbaikan terhadap maksud dan isi pesan dari sisi substansi pesan yang ingin disampaikan, gaya penulisannya, struktur kalimat yang digunakan dan bagaimana tingkat pemahamannya serta memperhatikan penggunaan kata-kata, kalimat dan paragraf telah diekspresikan dengan baik.

TAHAPAN PERENCANAAN PESAN BISNIS

1. Penelitian tujuan


Tujuan : harus jelas dan dapat diukur --> Pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan :
Keputusan untuk meneruskan pesan
Keputusan untuk menanggapi audiens
Keputusan untuk memusatkan isi pesan
Keputusan untuk menetapkan media yang akan digunakan

Tujuan Komunikasi Bisnis :

-Memberi informasi (informing)
-Memberi persuasi (persuading)
-Melakukan kolaborasi (collaboring) dengan audiens

2. Pertimbangan pengiriman pesan

Pertimbangan :

Tujuan yang realistis ketepatan waktu
Ketepatan orang yang mengirimkan pesan
Tujuan yang selarasn dengn tujuan organisasi


Cara menguji tujuan

untuk menguji apakah suatu tujuan yang telah ditetapkan tersebut sudah baik atau belum perlu pengujian dengan empat pertanyaan berikut.
- apakah tujuan tersebut realistik
- apakah waktunya tepat
- apakah orang yang mengirimkan pesan sudah tepat
- apakah tujuannya selaras dengan tujuan orgsnisasi perusahaan


3. Analisis Audiens

Indikator audiens - siapa mereka
-Latar belakang (pendidikan, usia, jenis kelamin)
- Minat dan keingingtahuan

Indikator audiens berpengaruh pada cakupan materi dan cara mengatasi audiens


cara mengembangkan profil audiens

Mengembangkan suatu profi audiens boleh dikatakan gampang – gampang susah. Penentuan profil audiens dalam hal ini tidak akan mengalami kesulitan karena audiens adalah orang – orang yang sudah dikenal, akantetapi akan menjadi sulit bila belum.dalam kasus ini komunikator perlu melakukan investigasi untuk mengantisipasi reaksi mereka.


Proses Analisis Audiens :

1. Mengembangkan profil audiens dengan cara :
a. menentukan ukuran dan kompisisi audiens
b. menentukan siapa audiensnya
c. mengetahui bagaimana rekasi audiens
d. mengetahui pemahaman audiens
e. mengetahui bagaimana hubungan antara komunikator dengan audiens

Kunci komunikasi yang efektif adalah dengan menentukan kebutuhan informasi audiens dan selanjutnya berusaha memenuhi kebutuhan tersebut dengan lima tahap di bawah ini ;
- cari apa yang diingikan oleh audiens
- antisipasi pertanyaan yang tidak diungkapkan
- berikan semua informasi yang diperlukan
- pastikan bahwa informasinya akurat
- tekankan ide – ide yang menarik bagi audiens

2. Memuaskan kebutuhan akan informasi audiens, dengan tahapan sebagai berikut :
- menemukan keinginan audiens
- memberikan informasi secara keseluruhan beserta tambahannya.
- Informasi yang dibeikan harus akurat
- Memilih ide-ide yang paling menarik bagi audiens

3. Memuaskan kebutuhan motivasional audiens. Berusaha untuk mengubah pola pikir serta perilaku audiens melalui pendekatan argumentasi yang rasional.

Cara memuaskan kebutuhan motivasional audiens.
ada kecenderungan bahwa audiens tidak mau mengubah sesuatu yang ada dengan hal yang lebih baru. Cara mengatasinya adalah dngfan mengatur pesan – pesan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima audiens dengan mudah. Pendekatan yang dapa deliakukan adalah dengan memberikan argumentasi yang bersifat rasional. Meskipun pendekatan argumentasi merupakan cara yang baik, perlu juga untuk mencoba menggunakan pendekatan emosi.


4. penentuan ide pokok

Isi dari pesan bisnis tersurat pada :
topik pokok : subjek pesan yang lebih luas
ide pokok : pernyataan tentang suatu topik, menjelaskan tentang isi dan tujuan topik

Metode identifikasi terhadap ide pokok :
teknik brainstorming
pembatasan cakupan


PEMILIHAN SALURAN DAN MEDIA

Pesan-pesan bisnis harus sesuai dengan situasi yang ada. Ide-ide dapat disampaikan melalui dua saluran, yaitu komunikasi lisan (oral) dan komunikasi tertulis (written). Pilihan mendasar antara berbicara atauo menulis tergantung pada tujuan atau maksud pesan, audiens dan karakteristik dari kedua saluran komunikasi tersebut.


Seleksi saluran dan media

ide pokok dari pesan – pesan bisnis dapat disampaikan melalui dua saluran yaitu saluran lisan atau oral atau tertulis.
1. komunikasi lisan
salah satu kebaikan dari komunikasi lisan adalah kemampuan memberikan feedback dengan segera. Kelebihan lain adalah sifatnya yang ekonomis. Pendekatan lisan juga brmanfaat apabila yang disajikan adalah informasi kontroversial karena reaksi audiens dapat terbaca dari bahasa isyarat mereka.
2. komunikasi tertulis
salah satu kelebihan komunikasi tertulis adalah peneulis mempunyai keempatan untuk merencanakan dan mengendalikan pesan – pesan mereka. Suatu format tulisan diperlukan jika informasi disampaikan kompleks dan dibutuhkan catatan permanan untuk referensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di catatan indah pratiwi...