Jumat, 16 April 2010

PRODUKSI PROGRAM RADIO

Media penyiaran membutuhkan program untuk mengisi waktu siarannya. Media penyiaran tidak akan berfungsi apa-apa tanpa tersedianya program. Audience mengenal media penyiaran tersebut dari program-program acaranya. Ketersediaan program ditentukan oleh waktu siar di media tersebut. Media yang mengudara selama 20 jam sehari harus menyiapkan acara atau program selama itu. Begitu juga media yang mengudara 24 jam sehari.

Program bisa diproduksi sendiri, bisa pula dibeli dari pihak lain. Umumnya, media membuat program sendiri. Jarang stasiun radio penyiaran membeli program dari pihak lain kecuali memiliki nilai jual yang tinggi.

Banyak sedikitnya program yang dibuat sendiri atau dibeli sangat bervariasi tergantung dari kondisi masing-masing media. Secara umum, program radio terdiri dari dua jenis yakni musik dan informasi. Kedua jenis program ini dikemas dalam berbagai bentuk yang intinya harus bisa memenuhi kebutuhan audien terutama dalam hal musik dan informasi.

Produksi program dapat berupa produk berita radio dan jingle.

Berita radio

Berita radio merupakan laporan atau suatu jenis epristiwa atau pendapat yang penting atau menarik. Sajian berita adalah sajian fakta yang diolah kembali menurut kaidah jurnalistik radio. Prioritas berita yang disiarkan terkait dengan kebutuhan audiens.

Format berita radi terdiri atas ;
siaran langsung (live report).
siaran tunda


Jingle

Jingle adalah gabungan musik dan kata yang mengidentifikasi keberadaan sebuah stasiun radio. Jingle disebut pula sebagai radio air promo atau paket berbentuk spot yang mempromosikan radio. Durasinya antara 5 – 15 detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di catatan indah pratiwi...