Rabu, 24 Maret 2010

Psikologi

Psikologi

Pengertian “psyche”

Psikologi berasal dari kata Yunani “psyche” yang artinya jiwa. Logos berarti ilmu pengetahuan. Jadi secara etimologi psikologi berarti : “ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai gejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya”. Namun pengertian antara ilmu jiwa dan psikologi sebenarnya berbeda atau tidak sama (menurut Gerungan) karena :

Ilmu jiwa adalah : ilmu jiwa secara luas termasuk khalayan dan spekulasi tentang jiwa itu.

Ilmu psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai jiwa yang diperoleh secara sistematis dengan metode-metode ilmiah

Apakah itu Psikologi ?

Aristoteles , Psikologi adalah ilmu yang mempelajari hakekat dan gejala kehidupan meliputi anima vegetativa, anima sensitiva dan anima intelektiva.

W.Mac Dougall, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.

R. Descartes, psikologi adalah ilmu yang mempelajari gejala - gejala kesadaran.

George A.Miller, psycology is the science that attempts to describe, predict, and control mental and behavioral events.

Konsep Psikologi

Pada hakekatnya, psikologi adalah studi tentang tingkah laku manusia, yakni tingkah laku individu yang berinteraksi dengan lingkungannya.

Individu merupakan suatu kesatuan organisme yang hidup dan potensial berkembang. Interaksi tersebut merupakan suatu proses yang terjadi terus menerus :

D → L→ S → O→ R → L → D

Tingkah laku individu (organisme) pada hakekatnya merupakan reaksi terhadap suatu/seperangkat stimulus, yang berasal dari lingkungan dan bersumber dari dunia; reaksi tersebut ditujukan kepada lingkungan dan dunia sekitarnya.

‘Psikologi’ didefinisikan sebagai kajian saintifik tentang tingkahlaku dan proses mental organisme. Tiga idea penting dalam definisi inilah; ’saintifik’,tingkahlaku’ dan ‘proses mental’. Saintifik bermakna kajian yang dilakukan dan data yang dikumpulkan mengikuti prosedur yang sistematik. Walau pun kaedah saintifik diikuti, ahli-ahli psikologi perlu membuat pelbagai inferen atau tafsiran berdasarkan temuan yang diperoleh. Ini dikarenakan subjek yang dikaji adalah hewan dan manusia dan tidak seperti sesuatu sel (seperti dalam kajian biologi) atau bahan kimia (seperti dalam kajian kimia) yang secara perbandingan lebih stabil. Manakala mengkaji tingkah laku hewan atau manusia memang sukar dan perlu kerap membuat inferen atau tafsiran

Sebagai suatu ilmu (science), psikologi memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Obyek psikologi adalah tingkah laku organisme yang diamati.Fungsi psikologi adalah untuk menentukan tingkah laku tersebut, misalnya mengapa manusia melakukan perbuatan tertentu, dan kondisi-kondisi apa yang menyebabkan/mempengaruhi sehingga berlaku atau berbuat tertentu.
2. Psikologi berupaya menjelaskan tingkah laku serta hubungannya dengan kondisi-kondisi lingkungan, atau pengamalan dan keadaan orang yang melakukan tingkah laku tersebut secara sistematis dab komprehensif.
3. Psikologi menggunakan metode ilmuai untuk menjelaskan tingkah laku berdasarkan data yan gdiperoleh melalui observasi yang sistematik, misalnya dengan tes yang handal.
4. Penerapan psikologi dalam situasi praktis berdasarkan pada pengetahuan ilmiah tentang tingkah laku.

Komunikasi dalam pandangan psikologi

Komunikasi dilakukan di mana-mana baik di tumah, di jalan, di sekolah, di kampus, di pasar, dll. Artinya komunikasi menyentuh segala aspek kehidupan kita, bahkan lebih dari 70% waktu bangun kita digunakan untuk berkomunikasi.

Dilihat dari sejarah perkembangannya, komunikasi memang dibesarkan olek para peneliti psikologi seperti Kurt Lewis (psikologi dinamika kelompok), Pail Lazarfeld, Sigmund Freud (bapak psikologi analisis) dan Carl I. Hovland. Hovland bersama Janis dan Kelly mendefinisikan komunikasi sebagai "The process by which an individual the communicator) transmit stimuli (usually verbal) to modify the behavior of other indiviuals (the audience)".

Dengan demikian, komunikasi dilihat sebagai suatu proses. Komunikasi juga menentukan kualitas hidup kita. Dengan berkomunikasi manusia dapat memelihara persahabatan dan kasih sayang, melestarikan budaya/peradaban, serta membina perdamaian dunia. Tetapi, dengan komunikasi pula dapat dihasilkan hal-hal negatif seperti perpecahan, menghidupkan permusuhan, menyalakan kebendian, menghambat pemikiran, ataupun merintangi kemajuan.

Jadi psikologi melihat komunikasi sebagai perilaku manusiawi, menarik, yang melibatkan siapa saja dan di mana saja.

Intinya :
1. Komunikasi akan esensial untuk pertumbuhan kepribadian manusia, dan kurangnya komunikasi akan menghambat perkembangan kepribadian.
2. Komunikasi amat erat kaitannya dengan perilaku dan pengalaman kesadaran manusia.

Persoalan komunikasi yang paling menjadi perhatian adalah bagaimana komunikasi yang kita lakukan dapat efektif (berhasil guna) terhadap orang lain. Psikologi mencoba menganalisa seluruh komponen yang terlibat dalam proses komunikasi. Misalnya pada komunikator, psikologi melacak sifat-sifatnya dan bertanya : apa saja yang menyebabkan satu sumber komunikasi berhasil memprngaruhi orang lain, sementara sumber komunikasi yang lainnya tidak?

Pada komunikasi diantara individu, psikologi mencermati bagaimana pesan dari seorang individu menjadi stimulus yang menimbulkan respon pada individu lain. Psikologi meneliti proses pengungkapkan pikiran menjadi lambang, bentuk-bentuk lambang, dan penagruh lambang terhadap perilaku manusia.

Perbedaan antara Jiwa dan Nyawa

Pengertian jiwa dengan nyawa adalah berbeda. Nyawa adalah daya jasmaniah yang adanya tergantung pada hidup jasmani dan menimbulkan perbuatan badaniah (organic behavior) yiatu perbuatan yang ditimbulkan oleh proses belajar, misal : insting, refelks, nafsu dan sebaginya

Sedang jiwa adalah : daya hidup rohaniah yang bersifat abstrak yang menjadi penggerak dan pengatur bagi sekalian perbuatan-perbuatan pribadi (personal behavior) dari hewan tingkat tinggi hingga manusia. Perbuatan pribadi adalah perbuatan sebagai hasil proses belajar yang dimungkinkan oleh keadaan jasmani, rohaniah dan sosial.

Menurut Aristoteles, jiwa disebut sebagi anima yang terbagi dalam tiga macam jenis yaitu :

anima vegetativa, yaitu anima yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan yang mempunyai kemampuan untuk makan, minum dan berkembang biak
anima sensitiva, yaitu anima yang terdapat dalam hewan. Anima ini memiliki kemampuan seperti anima vegetativa juga kemampuan untuk berpindah tempat, mempunyai nafsu, dapat mengamati, mengingat dan merasakan
anima intelektiva, anima yang terdapat dalam diri manusia. Selain memiliki kemampuan seperti anima sensitiva juga mempunyai kemampuan berpikir dan berkemauanan

Ada 2 ciri khas proses komunikasi :

1. Komunikasi merupakan proses yang dinamis.
a. Komunikasi sebagai proses yang dinamis maka berarti semua elemen komunikasi (sumber, pesan,saluran,khalayak) secara tetap saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain. Bila individu – individu saling berhubungan, maka apa yang terjedi pada salah satu individu dengan serta merta berpengaruh pada individu lainnya.
b. Komunikasi bukan sesuatu yang statis (diam), segala sesuatu dlaam komunikasi bersifat akumulatif. Kita berkomunikasi sepanjang hidup, maka setiap interaksi dimana kita terlihat merupakan bagian dari serangkaian kejadian yang saling berhubungan. Dengan kata lain, segala pengalaman komunikasi kita saat ini mungkin merupakan akhir dari pengalaman masa lalu atau awal pangalaman masa datang.

2. Komunikasi tidak dapat diulang dan diubah
Komunikasi yang terjadi antara seorang dengan yang lain sebenarnya tak pernah terjadi sebelumnya dan tak akan terulang sama persis seperti itu lagi di masa datang.
Komunikasi yang terjadi antara seorang dengan yang lain sebenarnya tak pernah terjadi sebelumnya dan tak akan terulang sama persis seperti itu lagi di masa datang. Komunikasi menghasilkan efek atau eprubahan tertentu pada pihak-pihak yang berinteraksi, namun kejadian tersebut tidak dapat diulang lagi.
Jadi, kita tidak bisa mengambil atau mengulang kembali apa yang sudah kita komunikasikan.


Menurut pandangan psikologi, ada 3 (tiga) fungsi utama komunikasi :
1.Memahami diri sendiri dan orang lain
2.Memapankan hubungan yang bermakna
3.Mengubah sikap perilaku

Latihan Soal

1.Psikologi adalah ilmu yang mempelajari hakekat dan gejala kehidupan meliputi anima vegetativa, anima sensitiva dan anima intelektiva, merupakan pengertian Psikologi menurut :
a.Rene D’Carter
b.Aristoteles
c.W. Mac Dougall
d.Sarlito W Sarwono

2.Psikologi adalah studi tentang ....
a.Perilaku manusi
b.Hubungan antar manusia
c.Jiwa manusia
d.Semua salah

3.Karakteristik psikologi adalah........, kecuali....
a.Obyek psikologi adalah tingkah laku organisme yang dapat diamati
b.Psikologi menggunakan metode ilmiah untuk menjelaskan tingkah laku
c.Meramalkan kejiawaan manusia
d.Penerapan peikoloogi dalam situasi praktis berdasarkan pada pengetahuan ilmiah tentang tingkah laku

4.Komunikasi dalam pandangan psikologi :
a.komunikasi dilakukan di mana-mana
b.komunikasi dapat menghasilkan perpecahan
c.komunikasi tidak dapat diulang/diubah
d.komunikasi merupakan kegiatan yang dinamis

5.Menurut pandangan psikologi, ada 3 (tiga) fungsi utama komunikasi yaitu......, kecuali ....
a.memahami didi sendiri dan orang lain
b.memapankan hubungan yang bermakna
c.mengubah sikap eprilaku
d.semua salah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di catatan indah pratiwi...